Skip to main content

Blog Zombie: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Tentu anda sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya Zombie? Ya, jika berbicara mengenai zombie, hal tersebut selalu dikaitkan dengan sesosok mayat hidup yang bisa berjalan, atau zombie sebuah game personal computer atau gadget androids. Ya selalu saja dikaitkan dengan hal-hal tersebut. namun ternyata tidak hanya itu saja, Blog pun juga bisa masuk kategori Blog Zombie. Apa itu blog zombie? Apa itu kegunaannya? Kelebihan blog zombie apa? Nah penasaran bukan? Simak ulasannya sebagai berikut.

Pengertian Blog Zombie

Blog Zombie secara singkatnya ialah blog yang sudah expired atau kadaluarsa. Blog tersebut merupakan salah satu jenis blog yang bermanfaat untuk menaikkan ranking web dan hal-hal yang lainnya.

Blog zombie ini bisa didapatkan secara gratis yang mana asalnya dari blog-blog pada umumnya hanya saja sudah dihapus oleh pembuat blog yang bersangkutan atau dihapus oleh penyedia layanan bog gratis tersebut. blog yang sudah tidak aktif tersebut kemudian didaftarkan lagi oleh orang lain. biasanya platform atau penyedia layanan blog yang banyak digunakan ialah wordpress.com, blogger atau blogspot, tumblr, webnode dan platform gratisan yang lainnya.

Mengapa disebut sebagai blog zombie? Ya, blog ini seperti zombie, yang mana blog yang sudah mati kemudian dihidupkan kembali. Istilah dari blog zombie ini memang hanya popular di Indonesia, sementara di luar negeri istilah blog zombie ini sering disebut dengan istilah deleted blog atau expired blog. Jadi jangan bingung ya? Kedua jenis blog pada dasarnya sama hanya beda penyebutannya saja.

Masih bingung? Biar tidak bingung, saya buatkan ilustrasinya. Misalnya, anda membuat blog dan blog anda terdaftar dengan alamat di https://bloganda.blogspot.com, kemudian setelah anda memposting artikel, dan lain sebagainya, dan karena suatu hal, anda harus menghapus blog tersebut. setelah blog tersebut, anda bisa menghidupkan atau mendaftarkan blog tersebut.

Sudah paham ya? Kurang lebih itulah sedikit ilustrasi mengenai blog zombie.

Blog zombie ini memang sudah populer sejak beberapa tahun belakang ini, tepatnya mulai tahun 2015 blog ini sudah mulai banyak yang memanfaatkannya dan hingga sekarang masih menjadi primadona. Maka tidak mengherankan jika masih banyak para blogger yang memburu blog zombie tersebut.

Fungsi dan Kegunaan Blog Zombie

Jika berbicara mengenai fungsi atau kegunaan blog zombie ini, maka hal tersebut kembali pada anda masing-masing. Akan tetapi, sebagian besar blogger memanfaatkan jenis blog ini untuk keperluan sebagai berikut.

  • Blog Utama
  • Blog Pendukung untuk Backlink
  • Komoditas untuk dijual kembali kepada orang lain

Untuk lebih jelasnya, saya akan membahas satu per satu kegunaan akan blog zombie tersebut.

Blog Utama – blog utama ini juga sering disebut sebagai money site yakni blog utama yang digunakan sebagai penghasil uang. Namun demikian, banyak blogger yang tidak merekomendasikan penggunaan blog zombie tersebut sebagai blog utama. Akan tetapi jika anda tetap ingin mengunakan blog zombie ini sebagai money site, maka anda harus memastikan bahwa blog tersebut sudah benar-benar berkualitas dan juga domain blognya sudah sesuai dengan apa yang akan anda bahas.

Misal, anda mendapatkan blog zombie dengan alamat https://blogzombieanda.com, maka anda harus memastikan bahwa nama domain tersebut sesuai dengan topic yang akan anda bahas. Jika anda menggunakan domain tersebut, maka pembahasannya juga harus mengenai hal-hal tentang paket kuota.  Itu salah satu hal yang harus diperhatikan ketika anda tetap ingin menggunakan blog zombie tersebut sebagai blog utama.

Akan tetapi, saya tetap menyarankan lebih baik tidak menggunakan blog zombie ini sebagai blog utama. Mengapa? Karena anda tidak akan mempunyai control penuh terhadap blog zombie tersebut. misal saja anda menggunakan blog zombie ini untuk money site, maka bisa saja anda yang sudah membangun blog untuk dimonitize, namun tiba-tiba blog tersebut dihapus oleh penyedia layanan blog tersebut. tentu sayang bukan?

Blog Pendukung atau Backlink – jika anda ingin menggunakan blog zombie ini untuk blog pendukung atau backlink, maka ini sangat direkomendasikan. Salah satu jenis blog untuk backlink yang paling populer ialah Private blog network (PBN). Blog ini sebagai salah satu jenis blog yang banyak digunakan sebagai sumber backlink. Sekalipun anda menggunakan blog zombie ini sebagai salah satu blog zombie, namun bukan berarti bahwa anda mengisi kontennya dengan seenaknya. Anda harus tetap memperhatikan kualitas konten blog zombie tersebut agar kualitas backlink blog tersebut tidak menurun, malah sebaliknya bisa  naik.

Memanfaatkan backlink ini juga tidak boleh sembarangan dan sebaiknya memenuhi ketentuan yang ada sehingga blog zombie tersebut bisa berkualitas dan bisa berdampak bagus untuk  menaikkan ranking web utama anda. sederhananya begini, jika anda memiliki 10 blog misalnya, anda bisa menjadikan blog tersebut dibagi menjadi dua lapis, lebih jelasnya 1 lapis didukung oleh dua blog atau lebih. Dengan demikian, jika dibuatkan bagan maka akan membentuk bagan seperti pyramid.

Blog Zombie untuk dijual – karena banyak blogger yang minat akan blog ini, maka tidak mengherankan jika banyak orang yang berminat untuk menggunakan blog zombie. Blog zombie yang berkualitas ini mempunyai nilai yang sama dengan drop/expired/aged domain yang juga berkualitas. berapa harga blog zombie? Tentu harga berbeda-beda tergantung dari blog zombie tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Zombie

Seperti halnya dengan blog jenis lainnya, bahwa blog ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, apa saja kekurangan dan kelebihan blog ini?

Dibandingkan dengan blog baru, blog zombie atau expired blog ini mempunyai beberapa kelebihan. Seperti halnya orang yang lahir lebih dulu, tentu akan mempunyai kelebihan dibandingkan dengan orang yang baru saja lahir, terlebih orang yang dulu tersebut berkualitas. begitu juga dengan blog zombie, ada beberapa kelebihan yang bisa anda ketaui, diantaranya sebagai berikut.

  • Sudah ada beberapa backlink yang tertanam dan biasanya backlink tersebut sifatnya juga abadi.
  • Biasanya sudah mempunyai pengunjung yang tetap ( tidak selalu)
  • Sudah mempunyai page authority (pa) yang cukup berkualitas
  • Alamat blog atau domainnya biasanya juga sudah ada yang bagus.
  • Lebih mudah terindeks oleh mesin pencari sehingga anda akan lebih mudah dalam mendapatkan traffic pengunjung ke blog anda.
  • Dan ini yang menarik, biasanya blog zombie ini bisa didapatkan secara gratis.

Selain mempunyai kelebihan, blog zombie ini juga mempunyai kekurangan dibandingkan dengan blog baru. Blog zombie ini mempunyai kekurangan yakni bahwa anda tidak bisa mengambil control penuh terhadap blog tersebut. penyedia blog atau platform tersebut, bisa sewaktu-waktu menghapus blog zombie tersebut. selain itu, anda juga harus memastikan bahwa blog tersebut, khususnya domainnya harus sesuai dengan konten yang akan anda kembangkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *